Dan orang-orang kafir akan dihalau ke neraka Jahannam dengan
berpasuk-pasukan, sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakan
pintu-pintunya dan berkatalah penjaga-penjaganya kepada mereka: Bukankah telah
datang kepada kamu Rasul-rasul dari kalangan kamu sendiri, yang membacakan
kepada kamu ayat-ayat Tuhan kamu dan memperingatkan kamu akan pertemuan hari
kamu ini?" Mereka menjawab: "Ya, telah datang! Tetapi telah
ditetapkan hukuman azab atas orang-orang yang kafir.
(Setelah itu) dikatakan kepada mereka: "Masukilah
pintu-pintu neraka Jahannam itu dengan keadaan tinggal kekal kamu di dalamnya;
maka seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong takbur ialah neraka
Jahannam.
JALALAIN
:
(Dan orang-orang kafir
dibawa) dengan secara keras dan paksa (ke neraka Jahanam berombong-rombongan)
secara bergelombang lagi terpisah-pisah. (Sehingga apabila mereka sampai ke
neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya) ayat ini menjadi Jawab dari lafaz Idzaa (dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, "Apakah belum
pernah datang kepada kalian rasul-rasul di antara kalian yang membacakan kepada
kalian ayat-ayat Rabb kalian) yakni Al-Quran dan kitab-kitab
lainnya (dan memperingatkan kepada kalian akan pertemuan dengan hari ini?"
Mereka menjawab, "Benar telah datang." Tetapi telah pasti berlaku
ketetapan azab) yakni sebagaimana yang diungkapkan oleh firman-Nya yang lain, iaitu, "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka Jahanam..." (As-Sajdah,
13) (terhadap orang-orang yang kafir).
(Dikatakan kepada mereka, "Masukilah pintu-pintu Jahanam itu, sedangkan
kalian kekal di dalamnya") yakni kalian telah ditetapkan untuk menjadi
penghuni yang abadi. (Maka seburuk-buruk tempat) maksudnya, tempat tinggal
(orang-orang yang menyombongkan diri) adalah Jahanam.
{وَسِيق الَّذِينَ كَفَرُوا} بِعُنْفٍ {إلَى جَهَنَّم زُمَرًا}
جَمَاعَات مُتَفَرِّقَة {حَتَّى إذَا جَاءُوهَا فُتِحَتْ أَبْوَابهَا} جَوَاب إذَا
{وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتهَا أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُل مِنْكُمْ يَتْلُونَ
عَلَيْكُمْ آيَات رَبّكُمْ} الْقُرْآن وَغَيْره {وَيُنْذِرُونَكُمْ لِقَاء
يَوْمكُمْ هَذَا قَالُوا بَلَى وَلَكِنْ حَقَّتْ كَلِمَة الْعَذَاب} أَيْ
{لَأَمْلَأَن جَهَنَّم} الآية {على الكافرين}
{قِيلَ اُدْخُلُوا أَبْوَاب
جَهَنَّم خَالِدِينَ فِيهَا} مُقَدِّرِينَ الْخُلُود {فَبِئْسَ مَثْوَى} مَأْوَى
{الْمُتَكَبِّرِينَ} جَهَنَّم
IBNU KATHIR :
Orang-orang
kafir diiring, dengan kejamnya, ke neraka Jahanam secara berombongan. Ketika
mereka tiba, pintu-pintunya pun dibuka. Para penjaganya, dengan nada menghina,
berkata kepada mereka, "Bukankah telah datang kepada kalian utusan-utusan
Allah dari bangsa kalian sendiri yang membacakan ayat-ayat Allah kepada kalian
dan memberikan peringatan tentang perjumpaan dengan Allah pada hari ini?"
Orang-orang kafir itu pun mengaku dan berkata, "Benar, para rasul itu
telah datang kepada kami." Akan tetapi keputusan bahawa orang-orang kafir
itu akan dieiksa telah diambil, kerana mereka lebih memilih bersikap kafir
daripada beriman.
Kepada
mereka, dikatakan, "Masuklah pintu jahanam dengan ketentuan bahawa kalian
akan tinggal di dalamnya selama- lamanya. Sungguh, neraka adalah tempat tinggal
yang amat buruk bagi orang- orang yang sombong untuk menerima kebenaran."
يخبر تعالى عن حال الأشقياء الكفار كيف يساقون إلى النار وإنما يساقون
سوقا عنيفا بزجر وتهديد ووعيد كما قال عز وجل « يوم يدعون إلى نار
جهنم دعا » أي يدفعون إليها دفعا وهذا وهم عطاش ظماء كما قال جل وعلا في
الآية الأخرى « يوم نحشر المتقين إلى الرحمن وفدا ونسوق المجرمين
إلى جهنم وردا » وهم في تلك الحالة صم وبكم وعمي ومنهم من يمشي على وجهه « ونحشرهم يوم القيامة على وجوههم عميا وبكما وصما مأواهم جهنم كلما خبت
زدناهم سعيرا » وقوله تبارك وتعالى « حتى إذا جاءوها فتحت
أبوابها » أي بمجرد وصولهم فتحت لهم أبوابها سريعا لتعجل لهم العقوبة ثم
يقول لهم خزنتها من الزبانية الذين هم غلاظ الأخلاق شداد القوى على وجه التقريع
والتوبيخ والتنكيل « ألم يأتكم رسل منكم » أي من جنسكم
تتمكنون من مخاطبتهم والأخذ عنهم « يتلون عليكم آيات ربكم » أي
يقيمون عليكم الحجج والبراهين على صحة ما دعوكم إليه « وينذرونكم
لقاء يومكم هذا » أي ويحذروكم من شر هذا اليوم فيقول الكفار لهم « بلى » أي قد جاءونا وأنذرونا وأقاموا علينا الحجج والبراهين « ولكن حقت كلمة العذاب على الكافرين » أي ولكن كذبناهم
وخالفناهم لما سبق لنا من الشقوة التي كنا نستحقها حيث عدلنا عن الحق إلى الباطل
كما قال عز وجل مخبرا عنهم في الآية الأخرى « كلما القي فيها فوج
سألهم خزنتها ألم يأتكم نذير قالوا بلى قد جاءنا نذير فكذبنا وقلنا ما نزل الله من
شيء إن أنتم إلا في ضلال كبير وقالوا لو كنا نسمع أو نعقل ما كنا في أصحاب السعير
» أي رجعوا على أنفسهم بالملامة والندامة « فاعترفوا
بذنبهم فسحقا لأصحاب السعير » أي بعدا لهم وخسارا وقوله تبارك وتعالى ههنا « قيل ادخلوا أبواب جهنم خالدين فيها » أي كل من رآهم وعلم حالهم
يشهد عليهم بأنهم مستحقون للعذاب ولهذا لم يسند هذا القول إلى قائل معين بل أطلقه
ليدل على أن الكون شاهدا عليهم بأنهم يستحقون ماهم فيه بما حكم العدل الخبير عليهم
به ولهذا قال جل وعلا « قيل ادخلوا أبواب جهنم خالدين فيها » أي
ماكثين فيها لاخروج لكم منها ولا زوال لكم عنها « فبئس مثوى
المتكبرين » أي فبئس المصير وبئس المقيل لكم بسبب تكبركم في الدنيا وإبائكم
عن اتباع الحق فهو الذي صيركم إلى ما أنتم فيه فبئس الحال وبئس المآل