IBNU KATHIR :
Hai anak Adam, ketika datang kepadamu rasul-rasul dari jenis manusia seperti
kalian untuk menyampaikan wahyu yang berisi pesan-pesan-Ku, kalian terbahagi dalam
dua kelompok. Pertama, orang-orang yang beriman dan beramal soleh dengan ikhlas.
Mereka tidak akan pernah dihinggapi rasa khuatir dan sedih di dunia dan di
akhirat.
Kedua,
orang-orang yang mendustakan pesan- pesan-Ku, menyombongkan diri dengan enggan
mengikutinya dan memetik petunjuk darinya. Mereka itu adalah penghuni neraka,
terseksa di dalamnya dan kekal abadi dalam seksaan
tersebut.
Tidak ada yang
lebih zalim daripada orang- orang yang membuat dusta terhadap Allah dengan cara
menyatakan Dia memiliki sekutu dan anak, mengaku-aku memiliki kemampuan dalam
masalah halal-haram dan lainnya tanpa bukti, atau mendustakan pesan-pesan Allah
yang diwahyukan dalam kitab-kitab suci-Nya
dan alam semesta. Di dunia mereka itu
akan memperoleh bahagian yang telah ditentukan oleh Allah berupa rezeki, kehidupan
atau seksa. Sampai akhirnya malaikat maut yang mencabut nyawa datang dengan
mencela, "Mana tuhan-tuhan yang kalian sembah selain Allah yang dapat
menghindari kalian dari mati?" Mereka menjawab, "Mereka telah melepaskan
tanggung jawab." Dalam diri, mereka mengakui bahawa mereka adalah orang-orang
yang kafir.
ثم أنذر تعالى بني آدم أنه سيبعث إليهم رسلا يقصون عليهم آياته وبشر وحذر فقال
« فمن اتقى وأصلح » أي ترك المحرمات وفعل الطاعات « فلا خوف عليهم ولاهم يحزنون » « والذين كذبوا
بآياتنا واستكبروا عنها » أي كذبت بها قلوبهم واستكبروا عن العمل بها « أولئك أصحاب النار هم فيها خالدون » أي ماكثون فيها مكثا مخلدا
يقول « فمن أظلم ممن افترى على الله كذبا أو كذب بآياته »
أي لا أحد أظلم ممن افترى الكذب على الله أو كذب بآياته المنزلة « أولئك ينالهم نصيبهم من الكتاب » اختلف المفسرون في معناه فقال
العوفي ينالهم ماكتب لمن كذب على الله أن وجهه مسودا وقال علي بن أبي طلحة عن ابن
عباس يقول نصيبهم من الأعمال من عمل خيرا جزي به ومن عمل شرا جزي به وقال مجاهد
ماوعدوا به من خير وشر وكذا قال قتادة والضحاك وغير واحد واختاره ابن جرير وقال
محمد بن كعب القرظي « أولئك ينالهم نصيبهم من الكتاب » قال
عمله ورزقه وعمره وكذا قال الربيع بن أنس وعبد الرحمن بن زيد بن أسلم وهذا القول
قوي في المعنى والسياق يدل عليه وهو قوله « حتى إذا جاءتهم رسلنا
يتوفونهم » ونظير المعنى في هذه الآية كقوله « إن الذين
يفترون على الله الكذب لا يفلحون متاع في الدنيا ثم إلينا مرجعهم ثم نذيقهم العذاب
الشديد بما كانوا يكفرون » وقوله « ومن كفر فلا يحزنك كفره
إلينا مرجعهم فننبئهم بما عملوا إن الله عليم بذات الصدور نمتعهم قليلا »
الآية وقوله « حتى إذا جاءتهم رسلنا يتوفونهم »
الآية يخبر تعالى أن الملائكة إذا توفت المشركين تفزعهم عند الموت وقبض
أرواحهم إلى النار يقولون لهم أين الذين كنتم تشركون بهم في الحياة الدنيا وتدعونهم
وتعبدونهم من دون الله أدعوهم يخلصونكم مما أنتم فيه قالوا « ضلوا
عنا » أي ذهبوا عنا فلا نرجوا نفعهم ولاخيرهم « وشهدوا على
أنفسهم » أي أقروا واعترفوا على أنفسهم « أنهم كانوا كافرين
»
JALALAIN :
{ يابنى ءَادَمَ إِمَّا }
فيه إدغام نون «إن» الشرطية في «ما» المزيدة { يَأْتِيَنَّكُمْ رُسُلٌ مِّنكُمْ
يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ ءايات فَمَنِ اتقى } الشرك { وَأَصْلَحَ } عمله { فَلاَ
خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ } في الآخرة.
(Hai anak-anak Adam, jika) lafaz immaa merupakan gabungan antara in
syarthiah dan maa zaaidah atau tambahan (datang kepadamu rasul-rasul daripada
kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka siapa yang bertakwa)
menjauhkan diri dari kemusyrikan (dan mengadakan perbaikan) amal perbuatannya
(tidaklah ada kekhauatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati)
di akhirat kelak.
{ والذين كَذَّبُواْ بئاياتنا
واستكبروا } تكبروا { عَنْهَا } فلم يؤمنوا بها { أولئك أصحاب النار هُمْ فِيهَا
خالدون }.
(Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan
diri) berlaku takabur (terhadapnya) sehingga mereka tidak mahu percaya kepadanya
(mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di
dalamnya).
{ فَمَنْ } أي لا أحد {
أَظْلَمُ مِمَّنِ افترى عَلَى الله كَذِباً } بنسبة الشريك والولد إليه { أَوْ
كَذَّبَ بئاياته } القرآن { أولئك يَنَالُهُمْ } يصيبهم { نَصِيبُهُمْ } حظهم {
مِّنَ الكتاب } مما كتب لهم في اللوح المحفوظ من الرزق والأجل وغير ذلك { حتى إِذَا
جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا } أي الملائكة { يَتَوَفَّوْنَهُمْ قَالُواْ } لهم تبكيتاً {
أَيْنَ مَا كُنتُمْ تَدْعُونَ } تعبدون { مِن دُونِ الله قَالُواْ ضَلُّواْ } غابوا
{ عَنَّا } فلم نرَهم { وَشَهِدُواْ على أَنفُسِهِمْ } عند الموت { أَنَّهُمْ
كَانُواْ كافرين }.
(Maka siapakah) maksudnya tidak ada seorang pun (yang lebih zalim
daripada orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah) dengan mengatakan bahawa
Allah itu mempunyai sekutu atau Ia beranak (atau mendustakan ayat-ayat-Nya?)
yakni Al-Quran. (Orang-orang itu akan memperoleh) mereka tetap akan mendapat
(bahagian mereka) yakni bahagian yang telah ditentukan untuknya (dalam Alkitab) i aitu apa-apa yang telah dipastikan dan tertulis untuk mereka di Lohmahfuz
berupa rezeki, ajal dan lain-lainnya (sehingga bila datang kepada mereka
utusan-utusan Kami) para malaikat (untuk mengambil nyawa mereka seraya
mengatakan,) kepada mereka dengan nada mengejek ("Di mana berhala-berhala yang
biasa kamu sembah) sembahan-sembahan yang selalu kamu puja-puja (selain
Allah." Mereka menjawab, "Berhala-berhala itu telah lenyap) telah hilang (dari
kami) sehingga kami tidak dapat melihatnya (dan mereka mengakui terhadap diri
mereka) di kala menjelang ajalnya (bahwa mereka adalah orang-orang yang
kafir").