JALALAIN
:
(Dan apa saja yang diberikan
kepada kalian, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya)
kalian bersenang-senang dan menghias diri dengannya selama hidup kalian,
kemudian semuanya akan lenyap (sedangkan apa yang di sisi Allah) yakni
pahala-Nya (adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kalian tidak
memahaminya?) bahawa yang kekal itu lebih baik daripada yang lenyap. Dibaca Ta'maluna dan Ya'maluna.
(Maka apakah orang yang Kami
janjikan kepadanya suatu janji yang baik lalu ia memperolehnya) janji yang
dimaksud adalah syurga (sama dengan orang yang Kami berikan kepadanya kenikmatan hidup
duniawi) yang dalam waktu dekat pasti akan lenyap (kemudian dia pada hari
kiamat termasuk orang-orang yang diseret) ke dalam neraka. Orang yang dimaksud
pada lafaz
pertama adalah orang Mukmin dan pada lafaz kedua adalah orang kafir maksudnya tidak ada persamaan
di antara keduanya.
{وَمَا أُوتِيتُمْ مِنْ شَيْء
فَمَتَاع الْحَيَاة الدُّنْيَا وَزِينَتهَا} تَتَمَتَّعُونَ وَتَتَزَيَّنُونَ بِهِ
أَيَّام حَيَاتكُمْ ثُمَّ يَفْنَى {وَمَا عِنْد اللَّه} أَيْ ثَوَابه {خَيْر وأبقى
أفلا يعقلون} بِالتَّاءِ وَالْيَاء أَنَّ الْبَاقِي خَيْر مِنْ الْفَانِي
{أَفَمَنْ وَعَدْنَاهُ وَعْدًا حَسَنًا فَهُوَ لَاقِيه}
وَهُوَ مُصِيبه وَهُوَ الْجَنَّة {كَمَنْ مَتَّعْنَاهُ مَتَاع الْحَيَاة
الدُّنْيَا} فَيَزُول عَنْ قَرِيب {ثُمَّ هُوَ يَوْم القيامة من المحضرين} النَّار
الْأَوَّل الْمُؤْمِن وَالثَّانِي الْكَافِر أَيْ لَا تساوي بينهما
IBNU
KATHIR :
Segala sesuatu
yang diberikan kepada kalian, berupa kesenangan-kesenangan dan perhiasan-perhiasan
dunia adalah kesenangan yang terbatas dan sementara. Maka janganlah sekali-kali
hal itu memalingkan kalian dari keimanan dan amal soleh. Sesungguhnya pahala
dan kenikmatan abadi yang ada di sisi Allah di akhirat adalah lebih bermanafaat
dan lebih abadi dari semua itu. Lalu, mengapa kalian tidak mempergunakan akal
sebagai ganti dari hawa nafsu kalian?
Orang yang
beriman dan beramal soleh yang berhak mendapatkan janji baik Allah berupa
pahala dan syurga dan dia pasti akan mendapatkannya tidaklah sama dengan orang
kafir yang mengerjakan keburukan serta tertipu oleh kesenangan dunia dan
perhiasannya. Orang kafir itu pun termasuk di antara mereka yang akan
dihadirkan untuk dihitung dan binasa dalam seksaan.
يقول تعالى مخبرا
عن حقارة الدنيا وما فيها من الزينة الدنيئة والزهرة الفانية بالنسبة إلى ما أعده
الله لعباده الصالحين في الدار الآخرة من النعيم العظيم المقيم كما قال تعالى « ما عندكم ينفد وما عند الله باق » وقال « وما
عند الله خير للأبرار » وقال « وما الحياة الدنيا في
الآخرة إلا متاع » وقال تعالى « بل تؤثرون الحياة الدنيا
والآخرة خير وأبقى » وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم والله ما الحياة
الدنيا في الآخرة إلا كما يغمس أحدكم أصبعه في اليم فلينظر ماذا يرجع إليه « م2858 » وقوله تعالى « أفلا يعقلون » أي
أفلا يعقل من يقدم الدنيا على الآخرة وقوله تعالى « أفمن وعدناه
وعدا حسنا فهو لاقيه كمن متعناه متاع الحياة الدنيا ثم هو يوم القيامة من المحضرين
» يقول تعالى أفمن هو مؤمن مصدق بما وعده الله على صالح الأعمال من الثواب
الذى هو صائر إليه لا محالة كمن هو كافر مكذب بلقاء الله ووعده ووعيده فهو ممتع في
الحياة الدنيا أياما قلائل « ثم هو يوم القيامة من المحضرين » قال
مجاهد وقتادة من المعذبين ثم قد قيل إنها نزلت في رسول الله صلى الله عليه وسلم
وفي أبي جهل وقيل في حمزة وعلي وأبى جهل وكلاهما عن مجاهد والظاهر أنها عامة وهذا
كقوله تعالى إخبارا عن ذلك المؤمن حين أشرف على صاحبه وهو في الدرجات وذاك في
الدركات فقال « ولولا نعمة ربي لكنت من المحضرين » وقال
تعالى « ولقد علمت الجنة إنهم لمحضرون »