JALALAIN :
(Tidaklah mungkin Al-Quran ini dibuat) ertinya
dibuat-buat (oleh selain Allah) hanya Dialah yang membuatnya bukan selainnya
(akan tetapi) Al-Quran itu diturunkan (membenarkan
apa-apa yang sebelumnya) iaitu berupa kitab-kitab sebelumnya (dan menjelaskan
hukum-hukum yang telah ditetapkan-Nya) ertinya Al-Quran itu menjelaskan hukum-hukum yang
telah ditentukan oleh Allah dan masalah-masalah lainnya (tidak ada keraguan)
tidak ada syak wasangka lagi (di dalamnya, diturunkan dari Rabb semesta alam)
lafaz min rabbil `aalamiina berkaitan dengan lafaz tashdiiqan, atau berkaitan
dengan lafaz unzila yang tidak disebutkan. Lafaz tashdiiqan dan lafaz
tafshiilan dapat pula dibaca rafa' sehingga menjadi tashdiiqun dan tafshiilun
akan tetapi berdasarkan perkiraan adanya lafaz huwa sebelumnya.
{وَمَا كَانَ هَذَا الْقُرْآن أَنْ
يُفْتَرَى} أَيْ افْتِرَاء {مِنْ دُون اللَّه} أَيْ غَيْره {وَلَكِنْ} أُنْزِلَ
{تَصْدِيق الَّذِي بَيْن يَدَيْهِ} مِنْ الْكُتُب {وَتَفْصِيل الْكِتَاب} تَبْيِين
مَا كَتَبَهُ اللَّه مِنْ الْأَحْكَام وَغَيْرهَا {لَا رَيْب} شَكّ {فِيهِ مِنْ
رَبّ الْعَالَمِينَ} مُتَعَلِّق بِتَصْدِيقِ أَوْ بِأُنْزِلَ الْمَحْذُوف وَقُرِئَ
بِرَفْعِ تَصْدِيق وَتَفْصِيل بِتَقْدِيرِ هُوَ
IBNU KATHIR :
Al-Quran adalah kitab yang mulia, kitab yang
seandainya manusia dan jin semuanya berkumpul untuk membuat yang sepertinya
tentu mereka tidak akan sanggup. Al-Quran
adalah firman Rabul ‘alamin.
Bagaimana mungkin mereka akan sanggup berkata seumpama Al-Quran atau mendekatinya, sedangkan
perkataan itu mengikuti keadaan yang berkata. Jika yang berkata adalah Allah
Tuhan seluruh alam, maka tidak ada yang mampu menandinginya. Kalau pun ada
orang yang berani berkata mengatasnamakan firman Allah, maka tentu Allah akan
menyegerakan hukuman kepadanya dan segera menyeksanya. Allah menurunkan Al-Quran sebagai rahmat bagi seluruh alam
dan untuk menegakkan hujjah terhadap semua manusia. Allah menurunkannya
membenarkan kitab-kitab Allah terdahulu, yakni sesuai dengan kitab-kitab
terdahulu dan membenarkan apa yang disaksikannya. Maksudnya Al-Quran menjelaskan secara terperinci
hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al-Quran
itu.
هَذَا بَيَان لِإِعْجَازِ الْقُرْآن
وَأَنَّهُ لَا يَسْتَطِيع الْبَشَر أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِهِ وَلَا بِعَشْرِ سُوَر
وَلَا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْله لِأَنَّهُ بِفَصَاحَتِهِ وَبَلَاغَته وَوَجَازَته
وَحَلَاوَته وَاشْتِمَاله عَلَى الْمَعَانِي الْعَزِيزَة الْغَزِيرَة النَّافِعَة
فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَة لَا يَكُون إِلَّا مِنْ عِنْد اللَّه الَّذِي لَا
يُشْبِههُ شَيْء فِي ذَاته وَلَا فِي صِفَاته وَلَا فِي أَفْعَاله وَأَقْوَاله
فَكَلَامه لَا يُشْبِه كَلَام الْمَخْلُوقِينَ وَلِهَذَا قَالَ تَعَالَى "
وَمَا كَانَ هَذَا الْقُرْآن أَنْ يُفْتَرَى مِنْ دُون اللَّه " أَيْ مِثْل
هَذَا الْقُرْآن لَا يَكُون إِلَّا مِنْ عِنْد اللَّه وَلَا يُشْبِه هَذَا كَلَام
الْبَشَر " وَلَكِنْ تَصْدِيق الَّذِي بَيْن يَدَيْهِ " أَيْ مِنْ
الْكُتُب الْمُتَقَدِّمَة وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ وَمُبَيِّنًا لِمَا وَقَعَ
فِيهَا مِنْ التَّحْرِيف وَالتَّأْوِيل وَالتَّبْدِيل وَقَوْله " وَتَفْصِيل
الْكِتَاب لَا رَيْب فِيهِ مِنْ رَبّ الْعَالَمِينَ " أَيْ وَبَيَان
الْأَحْكَام وَالْحَلَال وَالْحَرَام بَيَانًا شَافِيًا كَافِيًا حَقًّا لَا
مِرْيَة فِيهِ مِنْ اللَّه رَبّ الْعَالَمِينَ كَمَا تَقَدَّمَ فِي حَدِيث
الْحَارِث الْأَعْوَر عَنْ عَلِيّ بْن أَبِي طَالِب فِيهِ خَبَر مَا قَبْلكُمْ
وَنَبَأ مَا بَعْدكُمْ وَفَصْل مَا بَيْنكُمْ أَيْ خَبَر عَمَّا سَلَف وَعَمَّا
سَيَأْتِي وَحُكْم فِيمَا بَيْن النَّاس بِالشَّرْعِ الَّذِي يُحِبّهُ اللَّه
وَيَرْضَاهُ