.

.
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء و المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين أهلا وسهلا بكم إذا كانت هذه زيارتك الأولى للمنتدى، فيرجى التفضل بزيارة صفحة التعليمات كما يشرفنا أن تقوم بالتسجيل ، إذا رغبت بالمشاركة في المنتدى، أما إذا رغبت بقراءة المواضيع والإطلاع فتفضل بزيارة القسم الذي ترغب أدناه. عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه - قال: سمعت رسول الله ﷺ يقول: "إن إبليس قال لربه: بعزتك وجلالك لا أبرح أغوي بني آدم مادامت الأرواح فيهم - فقال الله: فبعزتي وجلالي لا أبرح أغفر لهم ما استغفروني" اللّهم طهّر لساني من الكذب ، وقلبي من النفاق ، وعملي من الرياء ، وبصري من الخيانة ,, فإنّك تعلم خائنة الأعين ,, وما تخفي الصدور اللهم استَخدِمني ولاَ تستَبدِلني، وانفَع بيِ، واجعَل عَملي خَالصاً لِوجهك الكَريم ... يا الله اللهــم اجعل عملي على تمبـلر صالحاً,, واجعله لوجهك خالصاً,, ولا تجعل لأحد فيه شيئاً ,, وتقبل مني واجعله نورا لي في قبري,, وحسن خاتمة لي عند مماتي ,, ونجاةً من النار ومغفرةً من كل ذنب يارب يارب يارب

.

.

.

.

Wednesday, June 22, 2016

17 Ramadhan

Pada Tahun 6 Hijriah, 17 Ramadhon

PEPERANGAN BADAR KUBRA

Adalah Pertempuran pertama di dalam Islam,
Setelah Kaum Muslimin mengalami kesulitan, penderitaan dan Terusir meninggalkan Rumah, Harta dan keluarga, Baginda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam Memutuskan untuk menyerang kafilah Quraisy yang datang Dari Syam yang di Pimpin Oleh Abu Sufyan, kaum muslimin keluar berkeinginan untuk mencegat dan merampas harta dari kafilah-kafilah tersebut, Namun Allah hendak membedakan mana Yang haq dan mana Yang Batil.

Bilangan Kaum Muslimin 314.

83   = Pasukan Muhajirin
61   = pasukan sukarelawan
170 = pasukan lain nya

Bilangan kaum Musyrikin.

600 = Pasukan lengkap dengan baju perang.

100 = Pasukan berkuda

700 = Pasukan penunggang onta

Pembawa Panji kaum Muslimin :

" Mus'ab bin 'Umair "

1. Ketika Abu sufyan dekat dari Kota Hijaz, ia mengorek informasi, sehingga ia Tahu Bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam telah memobilisasi umat Islam. Mendengar hal ini ia pun segera berhati-hati, sehingga dia menghimpun Rombongan nya di tepi Pantai,

Abu Sufyan menyewa Dhomdhom bin ‘Amr al Ghifari agar segera menemui orang-orang Quraisy dan memberitahu mereka situasi yang tengah terjadi. Ia pun bergegas menunggangi untanya. Seampainya di mekah dia
menahan Untannya, menyingkirkan pelana tungganganya, merobek baju nya, dan berdiri di atas onta sambil berteriak dan menampar  pipinya, seraya berkata”wahai, orang-orang Quraisy! Harta kalian bersama Abu Sufyan terancam oleh Muhammad dan sahabat-sahabatnya. Kulihat kalian tidak akan memperolehnya. Tolonglah ... tolonglah...

2.  Ketika Kaum muslimin bergerak untuk melacak Rombongan Musuh, mereka turun di pinggir lembah yang dekat di Sumur Badar

Kaum muslimin membangun Bangsal tempat berteduh untuk Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam di atas Bukit di Tempat inilah Rasulullah bermunajat dan beroda

اللهم هذه قريش قد أتت بخيلائها تكذب رسولك، اللهم فنصرك الذي وعدتني، اللهم إن تهلك هذه العصابة اليوم فلن تعبد في اﻷرض

Ya, Allah , orang-orang Quraisy telah datang dengan kesombongannya. Mereka ingin mendustakan rasul-Mu. Ya, Allah , aku bermunajat memohon janji-Mu. Ya,Allah , tunaikanlah apa yang telah menjadi ketetapanMu. Ya, Allah, berikanlah apa yang telah Engkau janjikan kepadaku. Ya, Allah , jika kelompok yang kecil dari umat ini binasa sekarang, maka Engkau tidak akan disembah di muka bumi ini.

Sampai Ridha' Rasulullah Jatuh dari Pundak nya, Sehingga Abu bakar berkata, Wahai Rasulullah sesungguhnya Allah Menepati apa yang Telah di janjikan kepada mu

Kaum Muslimin menutup Sumur Badar setelah mereka meminum airnya Supaya Kaum Musyrik tak dapat meminum air dari Sumur tersebut.

3. Orang-orang Qurays mempersipkan senjata dan Pasukan nya Untuk berperang mereka telah sepakat ke atas pasukan dan para pemimpin nya
Dan orang yang tidak mau Ikut maka posisinya akan di gantikan oleh orang Lain, dan hanya Abu lahab yang tidak ikut serta merta sehingga Al-'Ashi menempati Posisi Abu lahab.

Manakala orang-orang Musyrik sampai ke badar, mereka berada di pinggir lembah yang jauh

4. Tiga dari pasukan Qurays maju, mereka adalah Utbah bin Rabi'ah, kemudian saudaranya, yaitu Syaibah, dan anak nya yaitu Al-walid. Mereka menantang bertarung dari barisan kaum Muslimin.

Sayyidina Hamzah bertarung Melawan Syaibah sehingga menewaskan nya, sayidina Ali bertarung Melawan al-walid, dan Sayyidina Ali juga menewaskan nya, kemudian, Ubaidah bertarung melawan Utbah, keduanya sama-sama terluka, Sehingga Sayyidina Hamzah dan Sayyidina Ali harus turun Tangan membantu Ubaidah menyerang Utbah sehingga menewaskan nya.

Peperangan semakin berkecamuk , pertempuran pun menggelora, dan sungguh Allah telah benar-benar menolong Kaum muslimin dengan para Malaikat berperang di sisi mereka.

Allah Berfirman:

بلى إن تصبروا وتتقوا ويأتوكم من فورهم هذا يمددكم ربكن بخمسة آلاف من الملائكة مسومين

ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.

Hasil peperangan

* Peperangan Selesai atas Kemenangan kaum Muslimin, dan kekalahan Kaum Musyrikin, dan Terbunuhnya Abu jahal (Umar bin Hisyam).

* Setiap Tahanan Perang, di ambil Tebusan 4 ribu Dirham atas Nasehat Sayyidina Abu bakar, Adapun Tahanan Yg tidak mampu membayar, di beri tugas, untuk mengajarkan Membaca dan menulis bagi10 anak-anak Kaum Muslimin untuk setiap satu Tahanan.

* Baginda nabi Shallallahu alaihi wa sallam kembali ke madinah dengan, dukungan, pertolongan, dan kemenangan, setiap Musuh yang ada di kota Madinah dan yang ada di sekitarnya takut, Sehingga banyak Penduduk Madinah Masuk Islam, dan pada Saat itu, tokoh Munafik Abdullah bin Ubai dan kawan-kawan nya, dari sisi Dzahir nya Juga masuk Islam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

.

Rasulullah s.a.w bersabda :

” Sesungguhnya seorang hamba yang bercakap sesuatu kalimah atau ayat tanpa mengetahui implikasi dan hukum percakapannya, maka kalimah itu boleh mencampakkannya di dalam Neraka lebih sejauh antara timur dan barat” ( Riwayat Al-Bukhari, bab Hifdz al-Lisan, 11/256 , no 2988)